Senin, 11 Februari 2019

Mengapa Tiongkok Disebut Negeri Tirai Bambu?

Tiongkok yaitu sebuah negara di Asia Timur yang sekarang telah menjadi salah satu raksasa industri di dunia. Buktinya, hampir semua produk di dunia berisi goresan pena “Made in China”. Namun, sebelum itu, Tiongkok yaitu negara yang serba tertutup dari dunia luar terutama dunia barat. Perbatasan pun dijaga sangat ketat. Akibatnya, sebagian besar rakyatnya menderita kelaparan. Seolah-olah Tiongkok ditutupi oleh sebuah tirai bambu. Namun mengapa harus bambu?
Bagian Dari: 35 Daftar Julukan Negara-Negara di Dunia
 Tiongkok yaitu sebuah negara di Asia Timur yang sekarang telah  menjadi salah satu raksasa i Mengapa Tiongkok Disebut Negeri Tirai Bambu?
Tirai bambu (garis hitam) pada tahun 1950-an
Bambu china (Bambusa multiplex) dikenal alasannya yaitu sangat berpengaruh dan tidak gampang patah. Negara Tiongkok identik dengan bambu mulai dari bangunan kunonya hingga panda yang gemar makan bambu muda. Selain itu, julukan itu untuk membedakannya dengan negara Rusia yang dijuluki tirai besi.
Baca juga: 10 Faktor yang Mempengaruhi Asia Timur Lebih Maju dari Asia Tenggara dan Asia Selatan
Meskipun ketika ini Tiongkok jauh lebih terbuka dan jauh lebih maju ketimbang ketika masa Perang Dingin, Tiongkok masih cocok disebut negeri tirai bambu, terutama pada perusahaan teknologi barat. Sampai ketika ini, Google, Facebook, dan situs-situs lain masih diblokir pemerintah Tiongkok. Itu justru mendorong rakyatnya untuk membuat situs alternatif yang membuat perekonomian Tiongkok berputar kencang. Contohnya Baidu, Tencent, dan Alibaba.


Referensi:
  1. Ini alasannya, kenapa Cina dijuluki Negeri Tirai Bambu (https://camden-vytc9mrh513.blogspot.com//search?q=35-daftar-julukan-negara-negara-di-dunia)



Anda dapat request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)

Mengapa Tiongkok Disebut Negeri Tirai Bambu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: angkrate

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts