Selasa, 31 Juli 2018

2 Jenis Pernapasan Pada Manusia

Pernapasan yaitu proses memasukkan udara dari luar badan ke paru-paru kemudian dikeluarkan lagi ke luar tubuh. Setiap makhluk hidup melaksanakan respirasi atau pernapasan. Bernapas diharapkan untuk mengambil oksigen yang berkhasiat bagi proses metabolisme serta membuang limbah metabolisme berupa uap air dan karbon dioksida. Proses pernapasan pada insan terdiri dari dua jenis, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Berikut yaitu klarifikasi jenis-jenis pernapasan pada manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Sistem Pernapasan pada Manusia (Artikel Lengkap)

1. Pernapasan DadaPernapasan yaitu proses memasukkan udara dari luar badan ke  2 Jenis Pernapasan pada Manusiasaluran pernapasan. Ketika terjadi ekspirasi (menghembuskan udara), otot antar tulang rusuk berelaksasi sehingga posisi tulang rusuk dan tulang dada kembali normal. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru meningkat sehingga udara dari dalam paru-paru keluar dari badan melalui kanal pernapasan.

2. Pernapasan Perut

Pernapasan yaitu proses memasukkan udara dari luar badan ke  2 Jenis Pernapasan pada Manusia

Pernapasan perut yaitu pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Ketika terjadi inspirasi, otot diafragma berkontraksi sehingga dada menjadi terangkat dan membesar. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru menurun sehingga udara luar masuk ke dalam paru-paru. Ketika terjadi ekspirasi, otot diafragma berelaksasi sehingga posisi dada kembali normal. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru meningkat sehingga udara di paru-paru keluar.


Anda dapat request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau eksklusif saja lewat komentar dibawah :)

2 Jenis Pernapasan Pada Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: angkrate

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts